Minggu, 29 Januari 2012

pengertian domain dan hosting

Apa itu domain?
Pertanyaan ini termasuk pertanyaan yang paling sering muncul bagi teman-teman kita yang hendak membuat website, atau tertarik untuk mempelajari website. Menurut Wikipedia, Nama Domain berarti:
nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet.
Jujur saja, saya masih bingung dengan definisi yang dijelaskan di wikipedia tersebut. Tapi berdasarkan persepsi yang saya tangkap selama bergelut di dunia blogging dan webmaster, domain itu artinya alamat web kita.
Misalnya, saya memiliki domain syahuri.com, itu artinya alamat web saya adalah  :) . Singkatnya: domain adalah alamat web. Domain yahoo.com adalah yahoo.com, domain google.com adalah google.com, dan domain detik.com adalah detik.com. Sekali lagi, itu definisi yang saya buat sendiri berdasarkan pengalaman loh!
Cara memiliki domain
Domain bisa kita miliki secara gratis, ataupun dengan membeli/menyewanya. Untuk yang gratisan, anda bisa mencarinya di google search dengan kata kunci free domain. Salah satu domain gratis terbaik yang saya rekomendasikan adalah domain dengan ekstensi .co.cc. Langsung saja klik www.co.cc dan lakukan pendaftaran pada website tersebut. Setelah mendaftar, silakan masuk ke menu add new domain dan ciptakan domain Anda. Saya sudah menggunakan layanan mereka sejak pertengahan 2008 dan saya sangat puas dengan layanan yang mereka berikan. Contoh domain saya yang menggunakan co.cc 
Adapun untuk mendapatkan domain yang tidak gratis, seperti .com, .net, .org, .biz, dan lain sebagainya, Anda bisa membelinya melalui reseller yang sudah sangat banyak di Indonesia, salah satunya adalahDijaminMurah.com, MasterWebNet.Com, RumahWeb.Com, dan lain sebagainya. Diantara sekian banyak penjual nama domain di Indonesia, saya hanya baru mencoba pada DijaminMurah.Com. Dan selama ini lancar-lancar aja tanpa ada masalah yang serius.
Oke, saya harap anda nyambung dengan tulisan di atas tentang domain dan cara memiliki/membeli domain :) . Lanjut….!
Apa itu Web Hosting?
Definisi resmi web hosting saya benar-benar tidak tahu dan tidak berusaha untuk mencari tahu. Saya mengetahui pengertian web hosting begitu saja, begitu tahu saja. Yaitu semacam space atau ruangan di internet tempat kita menyimpan data website kita sehingga website kita bisa diakses di internet. Untuk mempermudahnya, anggap saja webhosting itu adalah hardisk atau flashdisk atau media penyimpanan lainnya. Namun lokasinya bukan di komputer kita, tapi di amerika sono. Beda webhosting dengan hardisk: kalo kita simpan data-data website kita di dalam hardisk komputer kita, maka yang bisa melihat website kita hanyalah kita saja. Sementara jika kita menyimpan data-data website kita pada webhosting, maka website kita bisa dilihat/diakses oleh seluruh pengguna internet di dunia.
Cara memiliki Web Hosting
Sebagaimana domain, web hosting juga ada yang menyediakan secara gratis dan adapula berbayar. Bedanya apa? Kalo yang gratis cenderung memiliki banyak keterbatasan. Baik dari segi kualitas maupun kekuasaan. Misalnya pada webhosting berbayar kita bisa mengontrol akun kita sesuka hati, sementara di webhosting gratisan amat-sangat dibatasi kekuasaan kita. Bahkan bukan tidak mungkin data kita dihapus secara sepihak oleh webhosting. Beda halnya dengan hosting berbayar, mereka tidak boleh seenaknya menghapus data kita, kan kita bayar bro!
Cara membuat website adalah dengan menghubungkan nama domain kita dengan server webhosting, kemudian simpan/upload data-data webite kita ke media penyimpanan webhosting. Dengan begitu, setiap kali orang mengetik nama domain anda di browsernya, maka website anda akan tampil di layar monitor :) . Dengan kata lain, website anda siap untuk dinikmati pengguna internet. Salah satu hosting terbaik yang pernah saya temui (dan sampai sekarang saya gunakan) adalah Hostgator. Ada jatah gratis 1 bulan lho! Tinggal masukin Coupon CACTUS atau GATORTRIAL aja saat ngisi formulir pendaftaran! ;)



0 komentar:

Posting Komentar