Selasa, 07 Februari 2012

tips merawat website


webseti itu ibaratnya adalah sebuah rumah di dunia maya. nah , agar setiap pengunjung yang bertamu ke "rumah" kita tersebut merasa nyaman, kita harus selalu merawat website tersebut dengan sebaik-baiknya. tak hanya itu kita juga perlu mengisinya dengan content yang bermanfaat bagi penggunjung sehingga pengunjung akan betah berlama-lama di website kita.

sebagai pemilik website, kita tentu tudak inggin pengunjung yang datang hanya sekedar lewat saja lalu tak pernah berkunjung lagi ke situs. orang tentu menginginkan website miliknya ramai pengunjung, apalagi jika website tersebut merupakan situs e-commerce. akan tetapi jika todak dirawat dengan baik rasanya mustahil hal tersebut akan terwujud.

ada beberapa tips sederhana yang bisa kita praktekan untuk merawat website, yaitu :

1.update content
   website yang tidak pernah di perbaharui isinya sudah pasti akan membuat bosan pengunjungnya. jadi kita perlu melakukan update content secara teratur.
2. backup data
   tindakan yang tidak kalah pentingnya yaitu backup data. langkah ini perlu kita lakukan untuk mengantisipasinya jika suwaktu-waktu terjadi ganguan pada web server. apabila kita tidak melakukan backup secara teratur tentu semua data yang tersimpan di web server tersebut seketika akan hilang. lain halnya jika kita memiliki backup data, kita bisa dengan mudah memulihkan data tersebut begitu web server selesai di perbaiki.
3.monitor statistik website
   statistik website sangat penting untuk mengetahui   perkembanggan suatu website.kita bisa tahu jumlah pengunjung,dari mana mereka berasal dan halaman apa saja yang menjadi faforit dari statistik tersebut.kita bisa memanfaatkan layanan google analytic untuk mendapatkan data statistik tersebut.
4.ubah tampilan website
   agar terlihat fresh,kita bisa mengubah tampilan website.tapi ingat, jangan terlalu sering mengubah tampilan, cukup satu atau dua tahu sekali saja kita melakukan perubahan.

5.pomosi website
   untuk mencapai maksimal kita perlu melakukan promosi secara teratur.tujuannya agar pengunjung yang datang selalu meningkat dari waktu ke waktu.


nah itulah beberapa tips sederhana yang bisa kita lakukan untuk merawat website.
   

1 komentar: