Selasa, 07 Februari 2012

7 cara merawat baterai laptop agar awet

bagai mana cara merawat batrai laptop agar awet? laptop kerap menjadi piranti pilihan orang dalam kegiatan sehari-hari terutama bagi mereka yang lebih sering bekerja secara mobile.
batrai laptop merupakan salah satu komponen penting yang harus di perhaikan penggunaanya.banyak penguna laptop mengaku batrai drop dan tidak tahan lama padahal umur laptop baru seumur jagung.
bagaimana memperlakukan batrai agar lebih awet dan bisa lebih dipakai lebih lama ? simak beberpa tips rawat batrai laptop yang di ramu inspirasi pc
1.atur power batrai
di windows ada fitur yang namanya power options. melalui fitur ini anda bisa mengatur konsumsi daya laptop. caranya sangat mudah. klik tombol start,lalu buka control panel dan kemudian doble klik icon power option akan muncul sebuah kotak dialog dengan nama power options properties. lalu pilih tab power schemes.pada menu drop down akan terdapat enam pilihan yaitu home/office desk,portable/laptop presentation,always on,minimal power management dan max battrey.

oba klik salah satu dari enam pilihan. settigan turn of monitor ,hard disk , sistem standby atau pun sistem hibernates akan berbeda beda waktunya, tergantung dari opsi yang anda pilih.
2.jangan biarkan ada perangkat tertancap di laptop jika tidak di pakai
sering kali penguna laptop membiarkan ada perangkat  di laptop entah itu kabel kamer digital,USB memory stick, PC card padahal perangkat tersebut sudah tidak digunakan lagi.pastikan alat tersebut di cabut dari laptop jika sedabg tidak digunakan karena menguras power batrai
3.perhatikan pengguna dan pengecesan batrai
janga tangung tangung mengeces batrai. ces lah hinga penuh 100 persen. jika batrai sudah hampir habis,cas lah batrai kembali hingga penuh namun jangan sampai menungu batrai benar benar kosong.ini akan membuat kapasitas batrai bekerja dengan baik.
yang perlu diperhatiakn lagi, lepaskan batrai dari laptop jika anda inggin mengunakan laptop dalam waktu yang lama. akan lebih baik jika laptop di tancapkan langsung ke adaptor jika memang anda akan bekerja dalam waktu yang cukup lama.
4.kurangi brightness
webuser.co.uk melansir bahwa LCD akan memakan daya batrai. oleh karna itu anda di saran ka untuk mengurangi brightness laptop seminimal mungkin namu tetap nyaman di pandang mata.

5.gunakan sevara server blank
screen sever ternyata bisa mengguras batrai. karna itu gunakan screensever blank. caranya klik kanan pada dekstop lalu plih properties lalu pilih tab screen sever. pada menu drop down terdapat banyak pilihan screen sever, diantaranya 3D flowerbox, 3D flying object, 3D text,blank,marquee dan sebainya. anda di saran kan untuk memilih  blank dan atur waktu menungunya (wait time) hingga 2 menit lalu klik OK .langkah ini kan membuat batrai lebih hemat.

6.kurangi resolusi
cara lain untuk membuat batrai lebih awet adalah dengan menggurangi resolusi layar dan jumlah warna yang di gunakan di laptop. untuk menguranginya, anda bisa klik kanan pada windows dekstop lalu pilih properties. pada kotak dialog display properties pilih tab setting. lalu atur resolusi dengan cara dengan cara menarik slidernya ke kiri untuk mengurangi resolusi. kemudian pada menu drop down pilih kualitas warna (color quality) yang lebih rendah, lalu klik OK.

7.matikan wi-fi
wi-fi aktif tertentu saja ikut memakan komsumsi batrai. jika tidak berniat memanfaatkan akses nirkabel atau ber-internet, pastikan wi-fi dalam keadaan mati sehingga batrai lebih awet.


baru itu saja yang bisa saya tulis, mungkin anda yang membaca tulisan ini bisa menambahkan, bagaimana cara merawat batrai laptop agar tetap awet?? terima kasih...

1 komentar: