Selasa, 31 Januari 2012

pengertian HTML

pengertian html
    merupakan suatu metode untuk mengimplementasikan konsep hypertext dalam suatu naskah atau dokumen. HTML sendiri bukan tergolong pada suatu bahasa pemrograman karena sifatnya yang hanya memberikan tanda (marking up) pada suatu naskah teks dan sebagai program.

bila dijabarkan berdasarkan kata-kata penyusunannya HTML dapat diartikan lebih dalam lagi menjadi:
linhk hypertext adalah kata atau fase yang dapat menunjukan hubungan suatu naskah dokumen dengan naskah-naskah lainya. jika kita klik pada kata atau frase untuk menggikuti link ini maka web browser akan memindahkan tampilan pada bagian lain naskah atau dokumen yang kita tuju.

pada pengertian disini markup menunjukan bahwa pada file HTML berisi suatu intruksi tertentu yang dapat memberikan suatu format pada dokumen yang akan ditampilkan pada word wide web

meski HTML sendiri bukan merupakan bahasa pemrograman, HTML merupakan kumpulan dari beberapa intruksi yang dapat digunakan untuk mengubah-ubah format suatu naskah atau dokumen.

pada awalnya HTML dikembangkan sebagi subset SGML (standard generalized mark-up language). karna HTML didesikan untuk ditransmisikan melalui media internet, maka HTML relatif lebih sederhana dari pada SGML yang lebih di tekan kan pada format dokumen yang berorentiasi pada aplikasi.

apa yang dapat dilakukan dengan HTML ?


memungkinkan kita untuk memodifikasi tampilan atau format dokumen yang akan kita transmisikan melalui media internet. beberapa hal yang dapat dilakukan dalam menentukan format dokumen ini adalah :

*kita dapat menampilkan suatu kelompok kata dalam beberapa ukuran yang dapat digunakan untuk judul, heading dan sebagainya.
*kita dapat menampilkan teks dalam bentuk cetakan tebal
*kita dapat menampilkan sekelompok kata dalam bentuk miring
*kita dapat menampilkan naskah dalam bentuk huruf yang mirip dengan hasil ketikan mesin ketik.
*kita dapat mengubah-ubah ukuran font untuk suatu karakter tertentu.

dengan HTML kita dapat daftar atau deretan informasi dalam bentuk point-point sehingga lebih mudah dibaca dan dipahami membuat link.

konsep hypertext pada HTML memungkinkan kita untuk membuat link pada suatu kelompok kata atau frase untuk mrnuju ke bagian manapun dalam word wide web

ada 3 macam link yang dapat kita gunakan :
1.link menuju bagian lain dari page
2.link menuju page lain dalam satu web site
3.link menuju resource atau web site yang berbeda

dengan menyisipkan citra maka tampilan page kita akan lebih menarik, interaktif dan informatif untuk mendukung data-data lainya dalam bentuk teks.

0 komentar:

Posting Komentar