Minggu, 19 Februari 2012

Perbandingan dan Perbedaan antara Windows 7 dengan Windows Xp

Jika kalian melakukan perpindahan windows OS dari xp ke windows 7 tanpa mencoba terlebih dahulu windows vista, mungkin kalian akan sedikit kaget dan mungkin agak canggung mengunakan system operasi yang baru ini.
Berikut beberapa perbedaan windows xp dan windows 7  diantara kedua system operasi tersebut:
  1. Start Menu Start menu di windows 7 telah mengalami perubahan yang sangat jauh bila dibandingkan kepunyaan Xp, kalian tidak perlu lagi scroll lewat all programs untuk mencari program yang ingin dijalankan. 
    Hanya dengan mengetikkan nama dari program tersebut maka akan langsung ditampilkan di start menu. Dan tentunya tampilan jauh lebih menarik.Windows 7 Start Menu
  2. Windows Explorer Saat kalian membuka windows explorer maka tampilan yang diberikan akan lebih rapi dan lebih mudah untuk mengakses setiap drive dan folder di komputer kalian.
    windows 7 explorer
  3. Taskbar 
    Di windows 7 setiap program yang sedang dibuka hanya akan menampilkan icon dari program tersebut saja di taskbar, dan jika kalian arahkan cursor mouse ke icon tsb maka akan menampilkan thumbnail program tersebut. Da bila diarahkan lagi ke dalam tampilan thumbnail, full window dari program yang dibuka akan ditampilkan. 
    windows 7 Taskbar
  4. DirectX 11 
    Windows xp hanya mendukung DirectX sampai versi 9.0c saja. Jika kalian seorang gamer dan selalu update terhadap game baru, maka ada baiknya segera bepindah ke windows 7 karena game game baru lebih banyak menggunakan DirectX10 dan DirectX  11. 
  5. 32-bit vs. 64-bit 
    Meskipun windows xp juga tersedia dalam versi 64-bit (Windows XP x64) namun banyak orang yang tidak mengetahui akan hal ini. Beda dengan windows 7 dengan memberikan pilihan jika kalian ingin mengunakan 32-bit version (x86) atau 64-bit version (x64).
  6. Aero Desktop Aero desktop merupakan koleksi untuk tampilan destop windows 7 untuk tampak lebih menarik, seperti juga disebutkan aero glass yang memberikan effect tembus pandang dari tampilan windows. 
    Aero Glass  
  7. Email Client 
    Dikarenakan banyak orang yang tidak memakai lagi email client bawaan windows Outlook Express (OE), maka fitur yang satu ini telah dihilangkan dari windows 7.

2 komentar: